om linux

Menghapus paket installasi secara otomatis setelah proses update selesai

Advertisements

Software update di Ubuntu memang sering sekali terjadi, terutama untuk bila ada update  fitur dan security  serta paket-paket software yang ada di ubuntu. karna terkadang pengembang Ubuntu merilis update fitur dan keamanan untuk aplikasi dan paket dalam sistem Ubuntu.

biasanya update manager mendownload paket update ke dalam  repositori lokal dahulu sebelum menginstallnya secara otomatis. paket tersebut akan mengambil ruang di dalam hardisk komputer anda dan akan menumpuk dan memakan ruang didalam hardisk anda jika anda tidak menghapusnya setelah proses update dan installasi. secara default anda bisa menghapusnyasecara manual dari folder ini:

/var/cache/apt/archives

disini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana caranya agar setelah proses update paket-paket instalasi di ubuntu anda dapat terhapus secara otomatis. silahkan ikuti langkah-langkahnya:

silahkan buka Synaptic Package Manager dari menu Applications -> System -> Administration -> Synaptic Package Manager, kemudian pilih menu Settings->Preferences, dan pilih tab “Files”, lalu pilih “Delete downloaded packages after installation”

nah, secara otomatis ketika anda mengupdate paket software dan security dari Update Manager, maka paket-paket software tersebut akan secara otomatis terhapus.

Advertisements

Advertisements