om linux

Mandriva Bakal Dijual

Advertisements

tampilan desktop dari Mandriva Linux

Mandriva, perusahaan perancis yang dikenal sebagai pengembang distro Linux Mandriva dikabarkan akan dijual. Masalah kesulitan keuangan menjadi alasan penjualan perusahaan tersebut. Dalam keterangannya di Mandriva Linux Online (MLO), seperti dikutip Softpedia, Selasa (11/5/2010) kabarnya dua perusahaan telah tertarik untuk mengakuisisi Mandriva. Keduanya adalah perusahaan asal London, LightApp dan French Linagora.

Linagora merupakan perusahaan pengembang software open source yang berasal dari negara yang sama dengan Mandriva. Sedangkan LightApp ialah pencipta solusi untuk ‘komputer murah’, PC dalam arti tradisional.

Mandriva sendiri belum memberikan penjelasan lebih rinci mengenai rencana penjualan ini, meski MLO telah mengutipnya dari dokumen resmi. Masalah keuangan membelit Mandriva sejak beberapa tahun yang lalu, dan semakin memburuk tahun ini. Mandriva sekarang beroperasi dengan anggaran yang sangat kecil, dan bertahan untuk menjaga penjualan produk hingga berakhir.

Mandriva Linux telah hadir selama lebih dari satu dekade, sejak diluncurkan  tahun 1998. Awalnya Mandriva dikenal dengan nama andrake Linux. Namanya berubah menjadi Mandriva Linux setelah perusahaan gabungan dengan Conectiva, pengembang yang berbasis di Brazil. Ada beberapa versi Mandriva Linux ditujukan untuk pasar yang berbeda dan kebutuhan, dari pengguna PC ke pasar perusahaan. Saat ini Mandriva mempekerjakan sekira 80 orang.

sumber: okezone.com

0.000000 0.000000
Advertisements

Advertisements